Resep Membuat Tumis Kangkung Terasi Spesial

Advertisement
Resep Membuat Tumis Kangkung Terasi Spesial
- Kenapa saya sebut kangkung si tanaman perairan, karena memang kangkung termasuk salah satu jenis sayuran yang sangat senang sekali di tanam di daerah berair, berlumpur dan lembab. Di sinilah kangkung akan tumbuh dengan subur dan menghijau.

Tidak itu saja, bunga kangkung yang berbentuk terompet dengan perpaduan warna merah lembayung atau putih sangat indah di pandang mata. Dan tentu saja seluruh bagian tanaman muda kangkung dapat di makan termasuk batang mudanya. Dapat dimakan mentah atau dimasak dengan berbagai olahan.

Kangkung juga memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai penenang atau mampu menetralisir racun, penuh zat besi dan mineral, pemasok betakaroten, kangkung kaya serat, memiliki kadar purin tinggi dan masih banyak lagi, dan Berikut bahan dan cara membuatnya :

Tumis Kangkung Terasi

Bahan - bahan
  • 3 ikat kangkung
  • 4 buah bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 15 buah cabai merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 sdm terasi bakar
  • 2 sdm udang rebon
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • Minyak Sayur secukupnya

Cara Membuatnya

1. Petik kangkung dengan mengambil daun serta bagian batangnya yang muda, tekan bagian batangnya yang muda menggunakan tangan hingga terpecah. Dan ambil juga bagian batang kangkung tersebut

2. Cuci kangkung hingga benar-benar bersih lalu tiriskan sisa airnya

3. Sementara itu iris tipis 8 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, serta iris serong memanjang 15 buah cabai merah

4. Keprek 1 ruas lengkuas yang sudah di bersihkan

5. Panaskan minyak sayur di dalam wajan, setelah panas tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum

6. Masukkan 2 sdm udang rebon lalu aduk rata, tambahkan irisan cabai merah dan lengkuas

7. Masukkan kangkung yang sudah di bersihkan dan di cuci, aduk hingga kangkung layu

8. Tambahkan 2 sdm terasi bakar, 2 sdt gula pasir, dan 1 sdt garam halus. Kemudian aduk hingga benar-benar tercampur rata

9. Diamkan sebentar lalu cicipi agar rasanya sesuai selera anda, lalu angkat dan sajikan


Tumis kangkung terasi yang mantap rasanya

Ada 2 cara menyiapkan bumbu-bumbu untuk memasak tumis kangkung terasi ini, yaitu dengan cara mengulek atau menumbuk halus semua bahan-bahan bumbu atau di iris seperti yang ada di resep saya diatas. Tetapi semua tergantung selera ya bunda...kalau menurut saya perbedaannya terletak dari rasa pedasnya, cabe yang di iris-iris seperti resep diatas tidak terlalu pedas rasanya meskipun kita menggunakan banyak cabe merah.

Tetapi untuk bumbu-bumbu yang di ulek atau di tumbuk terutama cabe merah, sepertinya cocok bagi anda yang sangat menyukai rasa pedas yang mantap. Untuk terasi, bunda bisa menggunakan terasi panggang yang biasanya di jual dalam bungkus kecil-kecil siap pakai sebagai contoh terasi ABC misalnya. Yang sudah di cantumkan di bungkusnya sudah matang atau siap pakai.

Untuk saya, saya menggunakan terasi biasa yang kemudian saya potong-potong persegi lalu kemudian saya panggang hingga kering. Terasi yang sudah di panggang ini bisa membuat tumisan kangkung anda benar-benar nikmat rasanya. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


EmoticonEmoticon

close